UPTD Latnakes Jalani Proses Akreditasi 11-13 November 2019

UPT Latnakes Kupang Jalani Proses Akreditasi

UPTD Pelatihan Tenaga Kesehatan (Latnakes) yang dinahkodai oleh dr. Minah Sukri, MARS., menjalani proses akreditasi selama 3 hari, sejak Senin (11/11/19) hingga Rabu (13/11/19). Proses akreditasi ini dilaksanakan oleh tim dari Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Kesehatan, Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI.

Hadir sebagai surveyor, Drs. Mochammad Royan, M.Kes, Kepala Bidang Pengendalian Mutu Pelatihan, Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Kesehatan, Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI, bersama tim. 

Kepala Latnakes Kupang, dr. Minah Sukri, MARS., mengutarakan bahwa satu-satunya institusi di NTT yang terakreditasi untuk melaksanakan pelatihan di bidang kesehatan ialah Latnakes Kupang. Oleh karena itu, pihaknya berupaya secara maksimal untuk menyediakan berbagai hal agar sesuai dengan standar yang telah ditentukan.

Bahkan, sejauh ini, selama dipercayakan memimpin UPTD Latnakes , dirinya telah melakukan berbagai terobosan dan pembenahan, khususnya yang berkaitan dengan program pelatihan, fasilitas yang tersedia, dan sumber daya manusia.

“Sejauh ini, banyak peserta pelatihan yang sudah memberikan kesaksian bahwa di sini (Latnakes) telah ada perubahan, misalnya sudah ada taman, lingkungan dan ruangannya sudah lebih bersih, lebih nyaman, dan lebih at home,” katanya.

Terkait akreditasi itu sendiri, dr. Minah mengatakan bahwa proses akreditasi merupakan amanat UU sehingga dalam prosesnya pihaknya berupaya untuk membenahi segala hal terkait agar sesuai dengan standar yang ditentukan.

Sebelum akreditasi tersebut berlangsung, lanjutnya, pihaknya telah melaksanakan beberapa persiapan, seperti proses praakreditasi dengan mengundang narasumber dari Jakarta yang dilaksanakan sejak 7 hingga 10 Oktober 2019. Selain itu, dilaksanakan juga sosialisasi instrumen akreditasi, persiapan dokumen, persiapan lapangan, serta beberapa persiapan lainnya.

Semuanya dikerjakan oleh semua komponen yang ada di Latnakes. Saya juga sangat bersyukur sebab saya diberi kepercayaan untuk memimpin teman-teman dan kami berusaha bersama untuk menyiapkan berbagai hal untuk akreditasi ini secara baik,” tuturnya.

Dokter Minah juga mengatakan bahwa proses akreditasi yang tengah berjalan tersebut kiranya membawa hasil yang positif sesuai dengan harapan. (sumber: medikastar.com)